Rabu, 02 Februari 2011

Akhlakul lilbanin bag.2

Akhlaqul lil banin bag. 2.

Bagian pertama klik di sini

الولد الاديب

(seorang anak yang berakhlak)

1. Seorang anak yang berahlaq menghormati kedua orang tuanya, dan saudara-saudaranya yang besar, dan semua orang yang lebih dewasa darinya, dan menyayangi saudara-saudaranya yang lebih kecil, dan juga semua orang yang lebih kecil darinya.

2. Dan jujur dalam bicaranya, rendah hati kepada orang lain, sabar atas penyakit, tidak memusuhi anak-anak yang lain, tidak bertengkar bersama mereka, tidak meninggikan suaranya(berteriak) apabila ia bicara atau tertawa.



Keterangan: seorang anak yang berakhlak, sudah sepantasnya ditunjukkan kebaikan akhlaknya itu dengan menghormati ke dua orang tua yang telah mengandung, melahirkan dan membesarkan yang jasanya tidak akan pernah dapat terbalas, pernahkah adik menghitung susu yang diminum dari sejak mulai menyusu s/d disapih baik susu ibu maupun yang lainnya, beras yang kita makan, uang jajan yang telah kita habiskan, berapa helai baju yang telah dibelikan ? dan masih banyak lagi.

juga guru yang membimbing kita, sejak kita tak sedikit pun mengenal huruf dan rangkaian kata lalu membentuk kalimat, mengajarkan kita berbagai macam benda, berbagai macam disiplin ilmu. Baik umum maupun spesialis, guru adalah orang tua di sekolah, di pengajian yang memberikan arahan kepada kita agar mempunyai kecerdasan intelektual, bahkan ketulusannya menjadi jaminan masa depan kita.

Menghormati saudara baik yang lebih tua maupun yang lebih mudah, serta semua orang yang juga menjadi bagian dari lingkungan kehidupan kita, yang nantinya akan mendidik secara alamiah kecerdasan emosional kita,

Jujur menjadi sifat utama Rasulullah yang harus menjadi contoh kita dalam pergaulan, rendah hati merupakan sifat utama yang akan memancing banyak orang bersimpati, adapun kesabaran membuat kita lebih tahan hidup dalam keadaan stabil lebih lama, jauh dari stres dan jauh dari putus asa sebab kesabaran merupakan kunci kuberhasil dalam menginginkan sesuatu.

Menjaga persahabatan jauh lebih penting dari pada mencari teman, sebab sahabat yang simpati karena kebaikan kita akan menjadi promosi berjalan yang akan menyiarkan kebaikan kita, dengan demikian teman akan banyak datang dengan sendirinya, oleh karena itulah , hindari pertengkaran , dan jauhi sikap-sikap kita yang tidak disukai dalam pergaulan.

Anak yang berakhlak juga tidak suka bersuara keras yang memekakkan telinga , baik dalam berbicara maupun dalam tertawa, karena suara bising akan mengganggu orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda