Kak Andy

Sabtu, 19 Februari 2011

Aqidah bagian 4

halaman 5


pelajaran 4

S. apakah makna Ia Hidup ?

J. makna hidup, ialah kita yakin bahwasanya Allah SWT. Hidup dan tidak mati

S. Apakah makna mendengar ?

J. Makna mendengar, ialah kita yakin bahwasanya Allah SWT. Maha mendengar segala sesuatu

S. Apakah makna melihat. ?

J. Makna melihat, ialah kita yakin bahwasanya Allah SWT. Maha Melihat segala sesuatu

S. Apakah makna berfirman. ?

J. Makna Berfirman : ialah kita yakin bahwasanya Allah SWT. Berfirman

S. apakah makna percaya kepada malaikat. ?

J. Makna percaya kepada Malaikat : ialah kita yakin bahwasanya Malaikat ada, selain itu mereka adalah hamba yang di muliakan, tidak bermaksiat kepada Allah, apa saja yang diperintahkan kepada mereka, dan mereka melaksanakan apa saja yang mereka diperintah

S. Berapa Jumlah Malaikat ?

J. Malaikat sangat banyak sekali, tidak ada yang mengetahui jumlah mereka, kecuali Allah SWT. (namun) di antara mereka ada yang wajib diketahui dengan nama-nama mereka.

S. Siapa mereka malaikat yang wajib diketahui dengan nama-nama mereka. ?

J. Malaikat yang wajib diketahui nama-nama mereka ialah,. Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar, Nakir, Rakif, Atid, Malik ,Ridwan dan Malaikat yang memanggul Arasy.

Keterangan;

Siapa yang tak Kenal ayat Kursy , setelah kalimat Tauhid, maka selanjutnya ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah Maha hidup; sebenarnya Allah tidak memerlukan hidup, karena hidup itu sendiri adalah milik Allah, kata hidup menjadi sifat bagi Allah agar kita mudah memahami, karena dengan hidup Allah dapat mengatur ciptaan-Nya.

Begitu pun mendengar, bukan berarti Allah butuh telinga, tapi dengan mendengar kita mudah memahami bahwa Allah, selalu mengetahui keadaan makhluk-Nya.

Maha melihat, bukan berarti Allah punya mata, karena Allah memang tidak sama dengan ciptaannya, kata mata di pakai sebagai sifat Allah, agar kita sekali lagi mudah memahami, bahwa Allah tak akan pernah seper berapa detik pun lalai dalam mengawasi makhluk-Nya.

Allah maha Berfirman,.. Melalui malaikat Allah menurunkan wahyu, yang menjadi petunjuk bagi sekalian makhluk-Nya, agar makhluk-Nya dapat mengatur kehidupannya sesuai dengan kehendak-Nya.

Adapun Malaikat, adalah makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya, mereka tidak diberikan hawa Nafsu, karena itulah mereka selalu patuh, mereka tak punya kehendak kecuali kehendaknya adalah dalam rangka menaati perintah Allah, jumlah mereka tak terhitung banyaknya, padahal setiap manusia saja ada beberapa malaikat, yang kita ketahui seperti Rakif, Atid, qarin dan malaikat yang ada di sisi kita saat kita tidur, juga malaikat yang mengantarkan amalan kita dalam hitungan Senin dan Kamis, yang juga menjadi sebab di sunnahkannya kita berpuasa , agar di akhir catatan amal kita yang terakhir adalah, kita sedang berpuasa.


untuk halaman sebelumnya klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda