Kak Andy

Rabu, 02 Februari 2011

Bertanya menambah wawasan


فسئلواأهل الذكر ان كنتم لاتعلمون 

Bertanyalah kepada ahlinya bila kamu tidak mengetahui nya.

Bertanya ketika usai taklim atau ketika menghadapi masalah yang rumit terlebih masalah ke agamaan adalah tradisi mulia yang di budayakan secara turun-temurun oleh para ulama, mereka tak pernah sungkan dan merasa malu untuk bertanya tentang sesuatu masalah dalam agama kepada orang yang lebih ahli manakala mereka belum atau tidak memahaminya.

Orang bijak mengatakan “bertanya adalah bahagian dari belajar, bahkan 75 persen ilmu di dapat dengan jalan bertanya. 

Ungkapan tersebut tidak aneh dan memang sangat masuk di akal, karena bertanya menunjukkan akan adanya kebutuhan terhadap ilmu sedangkan materi yang berjalan adalah sesuatu yang mau tidak mau harus ia ikuti.
Bertanya juga menunjukkan adanya kepedulian terhadap materi pelajaran yang sedang di ajarkan, tentunya secara tidak langsung merupakan sesuatu kehormatan bagi guru karena mendapat kepercayaan untuk bisa menyelesaikan sesuatu masalah yang belum di pahami penyelesaiannya.

Bertanya juga merupakan sikap rendah hati kita dan pengakuan jujur kita terhadap kurang pahamnya kita terhadap soal yang di tanyakan.

Namun bertanya menjadi sesuatu yang tidak boleh manakala, tujuannya 
1.       1.Untuk menguji ilmu seseorang(diperbolehkan bila kita seorang guru untuk mengetahui keberhasilan dalam belajar)

2.      2.Untuk mencari alasan agar terhindar dari kewajiban ,seperti watak orang Yahudi, mereka terlalu banyak bertanya yang intinya agar terhindar dari perintah seperti tentang masalah sapi yang harus di sembelih .

3.       3.Bertanya yang tidak perlu yang akhirnya jawabannya mempersulit si penanya.

Bila bertanya tidak kita budayakan saat taklim, kapan kreatifitas kita akan berkembang, tidak bertanya bagi seorang guru kepada muridnya akan menimbulkan beberapa asumsi, sudah faham, atau tidak sama sekali hingga tidak tahu apa yang harus di Tanya, atau tidak respon dengan materinya, dengan demikian guru juga boleh jadi tidak kreatif untuk memperluas wawasannya karena tak ada tantangan dari pertanyaan..

Yuk !.banyak bertanya agar wawasan kita semakin luas, bertanyalah  tentang apa saja ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda