Kak Andy

Selasa, 22 Februari 2011

Akhlaq bagian ke 5



الله سبحانه وتعالى

Pelajaran ke lima

ALLAH YANG MAHA SUCI LAGI MAHA TINGGI

1 . hai anak yang mulia, (ketahuilah !) Allah Subhanahu wa Ta’la Dialah yang menciptakan engkau, dan membaguskan rupamu, dengan memberimu dua mata, yang kamu dapat melihat dengan keduanya segala sesuatu, dan dua telinga kamu dapat mendengar dengan keduanya suara-suara, dan satu lisan kamu dapat berbicara dengannya, dan dua tangan kamu dapat bekerja di dalam kesibukanmu, dan dua kaki kamu dapat berjalan di atas keduanya, dan akal kamu dapat mengetahui yang baik dari yang buruk, dan Dia memberi nikmat atas kamu dengan sehat (badan) dan afiat (jiwa), dan meletakkan kasih sayang di hati kedua orang tuamu, sehingga ia mendidikmu dengan pendidikan yang baik.

2. Maka (karena itulah) wajib atas kamu mengagungkan Rabbmu dan kamu mencintai-Nya , dan kamu bersyukur atas semua nikmat-Nya, dengan cara kamu menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi larangannya, dan kamu juga mengagungkan semua malaikat-Nya, dan rasul-rasul -Nya dan nabi-nabi- Nya , dan orang-orang yang shaleh di antara hamba-hamba-Nya, dan mecintai mereka karena bahwasanya Allah Ta’ala juga menyayangi mereka .

3. Apabila kamu mencintai Rabbmu , dan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi larangannya, maka Dia akan menambah kepadamu dari nikmat-Nya, dan menjadikan kamu dicintai di antara manusia dan menjagamu dari segala gangguan, dan memberi kamu semua apa yang kamu inginkan, dari rezeki dan lainnya.


Keterangan :

Dalam sebuah istilah syar’e di katakan

اول كل شىء على المكلف معرفة الله

Awal setiap sesuatu atas seorang mukhallaf adalah mengenal Allah.

Mengenal Allah ? yah !. itulah yang utama-utama harus di ajarkan kepada seorang anak, hal ini telah Allah maklumkan dalam al-Qur,an pada kisah Luqman

Mengenal Allah harus sejak dini diperkenalkan bagi orang tua terhadap anak, sebelum mereka mengenal yang lainnya, responslah pertanyaan-pertanyaan mereka bila mereka bertanya tentang Allah, tentunya sesuaikan jawabannya dengan daya terima pikir mereka.

Nyatakan pada mereka, bahwa pada diri mereka, mereka dapat mengenal Allah , mengetahui akan adanya Allah, meski tidak nampak dalam penglihatan namun keberadaannya dapat kita rasakan, paling tidak dengan nikmat-Nya yang telah di anugerahkan-Nya kepada kita dalam bentuk kesempurnaan bila dibandingkan dengan ciptaan-Nya yang lain, baik dalam bentuk fisik maupun psikis, seperti yang Allah jelaskan dalam salah satu ayat-Nya.

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya . (QS 95;4)

dengan nikmat-Nya yang tiada hingga itulah maka sudah seharusnya kita bersyukur baik syukur dalam bentuk kata seperti mengucap “Al- hamdulillah, maupun syukur dalam wujud yang semestinya , yakni mematuhi segala apa yang menjadi kehendak-Nya, karena bila kita telaah secara bijaksana dengan nalar dan fitrah kita, semua perintah Allah tidak ada yang menguntungkan Allah, namun sebaliknya merupakan wujud kasih sayang Allah kepada kita,karena kebaikan yang dilakukan oleh seorang hamba, Allah menjanjikan pahala bagi pelakunya, dan membawa mashlahat baik bagi dirinya maupun bagi orang lain, karena seorang Muslim yang taat, tentulah dia harus menjaga hubungan baik kepada Allah dan juga kepada sesama manusia, yang kita kenal dengan Hablum Minallah dan Hablun Minannas, maka bila ini dapat secara istiqamah di lakukan oleh seorang hamba, tentulah simpatik dari sesamanya dapat ia dapat dengan mudah.

Di antara cara mengagunkan Allah yang kita kenal adalah berdzikir, yakni ingat kepada Allah dalam bentuk mengucapkan nama-Nya secara berulang-ulang, namun hal ini tidak cukup untuk bisa di katakan seorang hamba di sebut taat manakala perbuatannya menyimpang jauh dari kehendak Zat yang ia sebut asma-Nya secara berulang-ulang, mengagungkan Allah yang sebenarnya ialah menaati Allah , hingga seluruh hidup kita baik gerak maupun kata tunduk patuh dengan ikhlas terhadap apa yang menjadi kehendak-Nya, tanpa ada pilihan dan tawaran..

bersambung
pelajaran sebelumnya klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda