Kak Andy

Rabu, 06 Februari 2013

Menjaga keselamatan diri


Dan hati-hati juga agar tidak tergelincir, di atas anak tangga, atau naik ke atas genteng, atau (memanjat) pohon sehingga terjatuh lalu terluka di antara anggota badan kamu atau kamu patah
 9. peliharalah atas kesehatanmu. Dengan berolah raga pada udara yang bersih setiap pagi, supaya sehat badanmu, karena jiwa yang sehat terletak pada badan yang sehat. An hiruplah udara dengan hidungmu bukan dengan mulutmu.

Keterangan.

Pelajaran ini merupakan lanjutan dari pelajaransebelumnya.

Yakni berhati-hatilah saat kita berada di tangga, baik di rumah maupun di gedung atau juga di maal, baik itu tangga biasa, eskalator, atau lif karena kekurang waspadaan kita di tempat-tempat tersebut bisa mengundang bahaya baik bagi diri kita , atau pada saat kita memerlukan sesuatu untuk naik ke atas genteng, karena posisi yang miring, kontruksi kerangka genteng atau asbes yang tidak kuat bisa menyebabkan bahaya bagi kita, atau juga pada saat kita naik ke atas pohon, bisa jadi ada dahan yang rapuh, atau batang yang kering dan mudah patah juga membahayakan bagi kita.

Rasulullah senang terhadap ummatnya yang sehat lagi kuat. Maka jagalah kesehatan kita, baik dengan menjaga pola makan, asupan gizi maupun olah raga teratur, terutama pada pagi hari, karena di pagi hari udara relatif lebih bersih.

Di antara tanda kekuasaan , ialah turunnya embun pada malam hari, apa kegunaan atau manfaatnya ?, logika sederhana saja. Embun adalah tetesan air yang sangat halus yang turun seperti asap, maka tentunya secara otamatis udara kotor yang beterbangan akan membawa turun debu tersebut jatuh ke tanah . makna yang sederhana, di antara manfaat embun ialah untuk mencuci udara dari  polusi.

Hingga kita pernah mendengar sebuah ungkapan , jiwa yang sehat terletak pada badan yang sehat, meski tidak selalu benar ungkapan ini namun makna sederhananya ialah , bila kita sehat maka banyak aktivitas yang bisa kita lakukan, dan menyibukkan diri dengan banyak kegiatan lantaran badan kita sehat dapat meminimalkan pikiran-pikiran negatif.
Hiruplah udara dengan hidung kita, karena hidung mempunyai bulu bulu halus yang berguna untuk menyaring udara kotor.

Bersambung.. insya Allah... 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda