Kak Andy

Jumat, 01 Februari 2013

Latihan mentashrif


Pada pelajaran yang lalu, kita telah mempelajari  istilah pada dasar dasar ilmu sharraf yakni WAZAN dan MAUDZUN, begitu juga tentang istilah Fa fi’il , a’en fiil dan lam fi’il..
Sekarang kita akan mencoba mempraktekkan tashrif-tashrif kalimat fi’il yang mengikuti bab pertama dengan bangunan kalimat yang shaheh .(bina shaheh) insyaf Allah pada kesempatan yang lain bab ini akan saya uraikan juga karena bahagian dari ilmu sharraf.
Dalam uraian tashrif di bawah tidak disertakan kalimat atau Isim mashdar lantaran untuk masdar sebagian besar tidak mengikuti alur tashrifan, dikarenakan masdar sebagiannya adalah sama’e, yakni yang terdengar seperti itulah dari orang Arab.


Perlu kita ketahui , bahwa dalam belajar ilmu sharraf harus sebanyak mungkin menghafal wazan wazan yang terdapat dalam kitabnya , yakni “Al-amtsilatuts tashrifiyah.. baik itu tsulatsi masjid, Tsulasi mujarrad , ruba’e masjid , ruba’e mujarrad dan wazan wazan lainnya baik yang Istilahi maupun Lughawi.

Menghapal sangat penting karena kedudukan wazan adalah pola  atau contoh. Juga tidak kalah pentingnya memperbanyak menghafal setidaknya mempunyai pengetahuan perbendaharaan kata.

Pengalaman saya dalam mengajar  , pelajaran ini dapat cepat di tangkap bila kita banyak mengikuti pengajian pengajian tarbiyah yang sistem pengajarannya, dalam menerjemah dilakukan secara harfiyah, maupun “enayah.

Insya Allah bersambung.
Untuk lebih enaknya dan sebagai bahan bacaan silahkan download di sini




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda