Kak Andy

Rabu, 27 Februari 2013

Akhlaq lil banin bab 2


أيها الولد العزيز . ان الاخلاق الحسنة هي سبب سعادتك
فى الدنيا والاخرة. يرضى عنك ربك. ويجبك أسرتك و جميع
الناس, وتعيس بينهم محترما. وعكسها الاخلاق السيئة, فهي
أصل شقاوتك, فى الدنيا والاخرة : يسخط عليك الله , ويبغضك
أهل بيتك, و جميع الناس وتعيس بينهم محتقرّا ذليلا

Hai anak-anakku yang mulia, sesungguhnya akhlaq yang baik ialah yang menjadi sebab kebahagianmu di dunia dan di akhirat, tuhanmu senang/ridha kepadamu dan menyayangimu kerabatmu dan dan semua orang, dan kamu hidup di antara mereka saling menghormati.
Dan sebaliknya akhlaq yang buruk, maka ia adalah sumber/pangkal kesengsaraanmu, di dunia dan di akherat, Allah murka kepadamu, dan marah pula keluargamu, serta semua orang, dan kamu hidup di antara mereka dalam ke adaan terhina dan tercela.

Akhinal kiram..kali ini akhlaqul lil banin memasuki bab ke dua pada halaman pertama yakni halaman empat.

Pada awal babnya kembali kita di ingatkan akan pentingnya memelihara prilaku atau budi pekerti kita, yang menjadi hiasan atau bunga diri. Akhlaq adalah sesuatu yang utama yang harus kita pelajar dengan uraian sebagi berikut ini.

Pertama : Akhlaq kepada Allah, yakni menjaga amaliyah kita sesuai yang Allah kehendaki dan menjaga diri kita dari murka dan cemburu-Nya.

Kedua : akhlaq kepada Rasulullah, yakni memelihara , membiasakan, mencintai dan menjalankan sunnah-sunnahnya yang menjadi wujud atau tanda cinta kita kepada rasul yang mulia.

Ketiga : ahklaq kepada sesama yang dimuali dari orang tua kita, keluarga terdekat dan kerabat-kerabat kita serta menyambung tali silaturrachim lebih luas lagi dari kedua orang tua kita sebagi bukti Bhakti kita kepada keduanya. Manusia adalah makhluk sosial masing-masing kita saling membutuhkan maka dengan akhlaq yang terpuji di manapun kita berada akan di sukai dan di cintai banyak orang.

Ke empat ; akhlaq terhadap lingkungan, yakni menjaga dan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan dan menjadi warisan alam untuk anak cucu kita kelak.

Ke lima : akhlaq terhadap diri sendiri, yakni bagaimana kita memberdayakan titipan Allah baik berupa jiwa maupun raga yang di amanahkan kepada kita.

Dan terakhir ketauhilah ahklaq atau prilaku tercela akan membuat kita dikucilkan dan tidak disenangi orang banyak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda