Kak Andy

Selasa, 29 Januari 2013

Waspada saat bermain


Nasehat-nasehat umum

waspada, jauhi dari bermain yang membahayakanmu, seperti (dengan) pasir atau api atau kotoran. karena terkadang seorang anak bermain dengan menyalakan (menyundut) maka membakar api itu ke pakaiannya, dan terbakar badannya, atau bermain dengan kotoran , lalu mengenainya kudis dan gatal-gatal.


pelajaran kita kali ini merupakan lanjutan dari pelajaran sebelumnya

saat kita bermain hati hati dalam menggunakan media dalam permainan tersebut, jangan menggunakan mainan yang membahayakan baik bagi kita maupun orang lain, masih ingat regulasi pemerintah beberapa tahun yang lalu ? yaitu tentang di tolaknya mainan asal cina  karena membahayakan bagi pengguna maupun orang lain, seperti mobilan yang jendelanya saat kita memasukkan jari maka jari kita akan tergores karena sisinya yang tajam, atau tembak-tembakan yang juga membahayakan.
permainan tau games jaman sekarang sudah bukan dominasi anak anak saja tapi juga remaja pemuda bahkan orang dewasa  baik yang sifatnya konkrit maupun maya, yang ofline maupun online, ada yang berbahaya karena bentuk fisiknya namun ada juga yang berbahaya dalam arti kata dapat melalaikan bagi pemainnya, hingga banyak hal hal yang seharusnya menjadi kewajibannya terbengkalai atau di abaikan demi sebuah games.
dalam pelajaran di atas kita di nasehatkan agar jauhi bermain pasir baik dengan melempar atau menaburkan maupun bermain pada tumpukan pasir yang tinggi, admin teringat pada anak salah seorang rekan FB yang meninggal karena tertimbun gundukan pasir di rumahnya, juga pernah mengalami sakit mata karena di tabur pasir saat main main dengan pasir.
juga tidak kalah bahayanya adalah bermain api.. ingat kebakaran atau api besar berasal dari api kecil, tidak mustahil bahkan banyak berita yang mentayangkan sebuah kebakaran berasal dari seorang anak yang bermain korek api, atau ada seorang nak yang terbakar bajunya karena bermain api unggun.
juga bermain dengan kotoran yang tentu saja akan menimbulkan penyakit baik dalam waktu yang cepat seperti gatal-gatal maupun timbulnya penyakit kulit yang lain bahkan penyakit dalam tinggal menunggu waktu untuk merongrong kesehatan kita karena kotoran tersebut masuk ke tubuh kita baik melalui tangan maupun terhirup hidung... bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda