Kak Andy

Rabu, 26 Januari 2011

Sejarah nabi 1

Mempelajari sejarah nabi boleh di kata Fardhu kifayah, namun menjadi wajib bagi seorang Muslim yang ingin memperdalam pengetahuan agamanya, karena dengan mempelajari sejarah kita menjadi tahu tentang sifat dan karakter seseorang, begitu pentingnya sejarah itu hingga apa saja yang berkaitan dengan sejarah keberadaannya harus dilestarikan dalam sebuah musium.


Mempelajari sejarah nabi selain akan menambah wawasan kita dalam hal sejarah Islam juga menambah pahala karena tersirat sindiran-Nya dalam sebuah ayat .

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (QS 12;111)

Khulasatu Nurul yakin adalah salah satu di antara kitab-kitab tarikh nabawiyah yang di susun olehUmar Abdul Jabbar dengan bahasa yang mudah di pahami baik cara penerjemahannya maupun memahaminya karena memang diperuntukkan untuk usia SD sederajat disertai soal jawab.


Pelajaran pertama.

Dari kehidupan rasululllah SAW.

Bab satu : Junjungan kita nabi Muhammad SAW.

1. Dia adalah utusan Allah kepada manusia seluruhnya, dan menjadi penutup para nabi, dan Imam para rasul.

2. Datang dengan agama Islam, yang tidak akan diterima oleh Allah pada hari kiamat agama selainya (islam)

3. Dia berasal dari keturunan bangsa Quraisy, yaitu Qabilah yang terhormat di Mekkah al-Mukarramah.

4. Adapun nasabnya (silsilahnya) bersambung kepada Ismail bin Ibrahim Alaihimas Salam.

Keterangan :

Nabi Muhammad adalah nabi yang risalah kenabiannya tidak terbatas seperti nabi-nabi yang lain namun universal atau menyeluruh kepada ummat manusia yang kita kenal dengan “rahmatalllil’alamin, kerasulannya sekaligus menjadi penutup para nabi atau khataman nabiyyin, yang artinya tidak ada nabi lagi setelah nya baik personal maupun bersifat kelembagaan seperti yang di percayai oleh golongan sesat, nabi Muhammad juga menjadi Imam atau pemimpin para nabi dan rasul.

Sebenarnya agak kurang tepat bila Islam dikatakan sebagai agama yang di bawa nabi Muhammad karena Islam juga di anut oleh para nabi yang sebelumnya seperti yang Allah firmankan dalam sebuah surat.

Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik."(QS 3;67)

Kalimat berserah diri maksudnya “seorang Muslim, hanya saja pada masa lalunya Islam lebih dikenal sebagai agama Tauhid, yaitu agama yang mempunyai satu tuhan, lalu pada masa Rasulullah kata/kalimat Islam lebih dikenal, dan Islam adalah satu-satunya agama yang diterima di sisi Allah.

Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.(QS 3;19)

Adapun dalam segi nasab Beliau berasal silsilahnya dari suku yang paling terhormat yang diberi keistimewaan sebagai penjaga ka’bah dan boleh tinggal di sekitarnya yaitu suku Quraisy dengan pemegang kunci ka’bah yaitu Abu Thalib.

Bahkan silsilah beliau menyambung kepada nabi Ismail AS saudara dari nabi Ishaq AS yang memang di tinggal di sebuah lembah yang sekarang di sebut Mekkah.

Mekkah berasal dari kalimat “bakkah, yang artinya air mata , hal ini mempunyai dua makna yaitu siapa saja yang datang ke Mekkah utamanya jamah haji bisa dipastikan akan meneteskan air mata, karena mekkah sebagi sebuah tempat yang menjadi awal dimulyakannya semua manusia tanpa terkecuali, tak ada perbedaan kecuali hanya Taqwa, adapun pendapat kedua ialah “Mekah dahulunya adalah sebuah lembah yang sangat terasing, dan siapa saja yang tersasar ke sana akan hilang yang menimbulkan tangisan bagi keluarga karena bepergiannya. Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda