Kak Andy

Jumat, 21 Januari 2011

Al-aqidah Diniyah 1

Al-aqidah Diniyah

Merupakan kitab Aqidah yang disusun oleh “Abdur Rachman bin Siqaf husaini as sikaf al’alawi alhusaini asy-syafi’e al-asy ‘ari.


Kitab ini merupakan kitab kecil yang sangat cocok untuk anak seusia SD atau Ibtidaiyah.

Kitab ini merupakan pelajaran aqidah dalam bentuk tanya jawab, yang cukup simpel, atau mudah di pahami untuk anak seusia SD atau sederajat, namun tentunya diperlukan pula, dalam pembelajarannya penjabaran yang lebih luas dari sekedar penjelasan ringkas yang ada dalam kitab.

Aqidah merupakan hal yang sangat penting bahkan utama bagi seorang muslim, dan itu sudah harus ditanamkan sejak dini sebagaimana dialog yang terjadi antara Lukman dan anaknya.

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".(Qs;31;13)

Peringatan Luqman kepada anaknya, adalah pembelajaran Aqidah yang di tanamkan sedini mungkin.

Baiklah ! dengan memohon Rachmad Allah kita mulai pelajaran ini.

S. apakah yang di maksud dengan Aqidah secara keseluruhan ?

J. Aqidah secara menyeluruh ialah “ kita ridha kepada Allah sebagai tuhan, dan kepada Islam sebagai agama kita, Muhammad sebagai nabi dan rasul, dan al-Qur,an sebagai Imam, ka’bah sebagai kiblat, kepada orang Mukmin sebagai saudara, dan juga berlepas diri dari agama yang menyelisihi agama Islam kami beriman kepada semua kitab yang diturunkan oleh Allah dan semua rasul yang di utus oleh Allah, dan malaikat-Nya dan terhadap takdir baik maupun buruknya, dan terhadap hari akhir, dan semua apa yang di bawa oleh yang mulia nabi Muhammad SAW. Dari Allah yang arena Dia kita hidup, karena Dia kita mati, dan karena-Nya kami di bangkitkan jika Allah menghendaki. Di antara orang-orang yang beriman yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula mereka bersedih hati dengan keutamaan Allah.

S. berapakah rukun iman itu ?

J. Rukun Iman ada enam,

Pertama : beriman (percaya kepada Allah)

Kedua : beriman kepada para malaikat-Nya.

Ketiga; percaya kepada kitabnya

Keempat :percaya kepada rasul-Nya

Kelima; percaya kepada hari kiamat.

Ke enam : percaya kepada takdir baik dan buruknya.

S. apakah makna iman kepada Allah ?

J. makna Iman kepada Allah, ialah kita beri’tiqat, bahwasanya Allah SWT. Ada, terdahulu, abadi, menyelisihi kepada ciptaan-Nya , berdiri dengan sendiri-Nya, Esa , berkuasa, berkehendak, mengetahui, hidup , mendengar, melihat dan berfirman.

Begitulah terjemahan dari halaman ke tiga sebagai halaman awal dalam pelajaran kitab tersebut, dalam 3 tanya jawab ini tidak sulit bagi kita terutama anak seusia SD untuk memahami apa yang di inginkan oleh penyusun kitab ini, yakni memperkenalkan dasar-dasar Aqidah, secara sempurna, dengan memulai dari mengetahui sifat Allah yang kita kenal dengan sifat dua puluh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda