Kak Andy

Rabu, 19 Januari 2011

Rekap

الحق بلا نظام يغلب الباطل بالنظام


Kebaikan yang tidak terorganisir, akan dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir

Begitulah nasihat saidina Ali karramallahu wajhah.

Rekap !.. rekaman hasil belajar yang di dalamnya berisi nomor, hari,tanggal , bulan dan tahun serta jus, surat dan ayat berikut nilai dan paraf merupakan bagian dari manajemen pengajian untuk mengetahui dan merekam jejak kegiatan setiap santri berikut prestasi dan kehadiran, dengan uraian penggunaan sebagai berikut :

Bulan ; untuk bulan kegiatan belajar mengajar.

Hari dan tanggal :agar lebih spesifik dalam merekam hasil pelajaran

Jus ; sampai jus berapa atau di jus ke berapa bacaan al-Qur,an seorang santri

Surat : di surat berapa ia sampai

Ayat :sampai dengan ayat berapa ia membacanya

Nilai : merupakan hasil atau prestasi membaca seorang santri, bisa A. Bila bagus tajwidnya,. Bisa B. Bila pertengahan (antara bagus dan jelek) untuk nilai B perlu di ulang. Bisa C. Kalau jelek sekali dan mutlak tidak boleh dinaikkan pada ayat selanjutnya sampai benar-benar bagus membacanya.

Paraf : atau tanda tangan guru merupakan absen bantu bahwa santri benar-benar maju mengaji kepada guru, dalam arti kata nilai tidak di buat sendiri.

Keberadaan Rekap atau rekaman belajar sangat penting, baik bagi pengajian maupun bagi orang tua atau wali santri yang ingin mengetahui sejauh mana keberhasilan seorang anak dalam pengajiannya, tentunya ini bisa diketahui bila orang tua kritis, yakni mau memeriksa rekap anaknya , sekaligus juga mengetahui kehadiran sang anak.

Rekap wajib dimiliki setiap santri agar memudahkan bagi guru untuk memantau hasil tadarusnya, meski yang bersangkutan dilepas oleh sang guru untuk tadarus sendiri.

Adapun dilepasnya tidak full melainkan ada pemantauan . yakni tetap privat maju ke guru meski hanya 1 kali dalam satu Minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda