Kak Andy

Kamis, 11 April 2013

Tashrif lugawi


Tashrif lughawi

Pada pelajaran kali ini saya akan menjelaskan tentang tasrif lughawi,yakni menyatunya fiil, yang dalam contoh kali ini adalah fiil Madhi dengan isim Dhamir(kata ganti nama) dan Isim dhomir tersebut berkedudukan rafa’ (mahal rafa’) .

Kedudukan rafa’ bagi isim dhamir ialah disebabkan dalam tashrifan kali ini Isim dhomir tersebut menjadi fail atau pelaku (Sabjek),yang dapat anda lihat pada gambar yang saya garis bawahi dengan cetakan tebal.

Pada contoh dengan format png di atas saya contohkan , dengan contoh yang terdapat pada nomor 6 misalnya, yang artinya “Kamu seorang laki-laki bekerja,kalimat “kamu ,dalam contoh tersebut dapat kita fahami tentunya dengan mudah, ialah menjadi pelaku dari predikat atau fiil dengan makna “bekerja.

Lalu bagaimana  memahami diagram di atas ?

Caranya urutan ke dua setelah rukmon (nomor)  dari kanan adalah fiilnya, yakni fiil mahdi,lalu urutan ke tiga adalah isim dhamir yang lalu ditambahkan kepada fiil mahdi, dengan tujuan menjadikan sebagai faillnya,maka hasilnya  terdapat pada kotak nomor empat (fatakuna,artinya maka menjadi) dengan tulisan warna merah.

Adapun istilah yang sering dipakai dalam pelajaran Nahwu fail atau pelaku tersebut ,saat kita membaca fiilnya ialah selalu mendapat kata tanya “siapa , atau apa . contohnya” bekerja,siapa ? ..nah kata siapa adalah istilah yang menunjukkan bahwa kalimat atau kata selanjutnya adalah fail.

Sekian semoga bermanfaat..doa dari para pembaca sangat saya harapkan,karena beberapa bulan ini saya tidak mempunya waktu yang luang untuk mengisi blogg ini lantaran mengurus Orang tua yang sedang sakit, yakni adanya batu di prostatnya.
Mohon doanya sekali lagi.

lebih jelasnya failnya dapat anda download di sini 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda