Kak Andy

Sabtu, 30 Mei 2009

PEMBAWA SIAL


(Jika terjadi kesialan, maka pada rumah, pada istri dan kendaraan HR Bukhari Muslim)

Penjelasan kalimat

(IN) Harfu syarthin menjazemkan pada fiil, disebut juga harf zaman / penunjuk masa

(KANA) fiil syarat namun tak dapat dijazemkan karena fiil madhi (KANA adalah fiil dengan karakter khusus) maka hukum jazemnya dalam perkiraan saja,

(ASSYU’MU) Isim dari KANA dan rafa’nya jelas dengan Dhommah sebagai Isim MUFRAD, adapun kalimat SYU’MU adalam Masdar/akar kata dari fiil madhi SYAAMA.

(FA) sebagai jawab dari IN

(FID DARI) jar majrur dengan kasrah sebagai Mufrad, dan dalam urutan kalam, sebagai Khabar dari KANA , yang berupa khabar Ghairu Mufrad, maka hukum Nasabnya hanya dalam kira kiranya.

(WAL MAR ATI –WAL FARASI) adalam athaf dari FID DARI dengan kedudukan antonim sebagai Maktuf ‘alaihi. Adapun lafad . AD-DARUN—AL MAR ATU dan AL-FARASU dapat digolongkan sebagai Isim Jumud, yakni tidak berasal dari tasyrifan.

URAIAN HADITS (dinukil dari kitab Muhktarul hadits)

Matan atau isi hadits tersebut di atas bukan berarti bermakna tahayyul , karena dilihat dari perawinya (Bukhari Muslim), rasanya kita kenal 2 orang syek hadits ini. Maka tentunya tergantung bagaimana kita memaknai hadits tersebut.

RUMAH SIAL, secara logika ini masuk di akal bila sistem atau rancang bangun rumah kita tidak sebagaimana mestinya yang dianjurkan para arsitek yang profesional , yang tidak hanya menitik beratkan pada keindahan eksterior ,interior dan kokohnya sebuah bangunan serta tata letak tiap ruangan, tapi juga pada sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup agar penghuninya merasa nyaman dan sehat. Adapun dalam kaca mata agama sebuah rumah yang didalamnya tidak teralun bacaan ayat suci al-Qur,an dari lisan penghuninya (bukan televisi atau vcd dan radio) apalagi tak pernah ditegakkan shalat di dalamnya, tentunya akan menjadi rumah yang nyaman setan berkembang biak. Nah tentunya kita tahu dalam hal ini, setan yang terbuat dari api akan membuat suasana rumah sumpek walau luas, hawa panas, dan selanjutnya penghuninya cenderung mudah tersinggung dan emosional, pernahkan anda terjebak macet di terik matahari bagaimana tingkat emosional anda ?

PASANGAN SIAL . dalam sebuah buku disebutkan untuk membentuk anak yang shaleh bukan ketika anak itu telah lahir, tapi jauh ketika mencari calon ibunya, dan kesalahan kita dalam memaknai sebuah cinta. Kesialan terjadi manakala arti cinta , yaitu yang saling melengkapi , saling memahami dan menyatukan 2 sifat yang berbeda dengan saling pengertian, sudah diabaikan dan masing masing mulai mempertahankan egonya.

KENDARAAN SIAL. Pernahkah anda ketika sedang sakit, atau sedang santai lalu lewat sebuah kendaraan dengan suara bising , bahkan knalpot berasap tebal anda hendak marah tapi kendaraan tersebut sudah jauh berlalu, ketidak berdayaan anda adalah indikasi, bahwai anda ada pada posisi teraniaya, lalu tidak mustahil keluar sumpah serapah, kutukan dan caki maki, bagaimana kalu yang teraniaya teramat banyak , atau paling tidak banyak yang merasa terganggu dengan hal tersebut, lalu keluarlah kata-kata kutukan, yang diaminkan oleh Allah. Atau memang kendaraan itu sendiri yang tak layak pakai, dari kondisi body dan mesin yang sudah harus masuk bengkel atau malah harus sudah ditimbang saja di tukang besi tua.

Dalam surat at-thaghabun 64 ayat 11 Allah berfirman.

Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Namun ayat tersebut tidak menafikan adalah hukum kausalita atau sebab akibat, bukankah sebab akibat juga merupakan sunnatullah, saat anda melepaskan batu dari tangan anda beberapa centi diatas tanah diatas kaki anda, jangan sekali kali anda mengatakan “kalau Allah tidak mengijinkan ,batu ini tidak akan jatuh kekaki saya melainkan akan melayang dan jatuh ditempat jauh. Karena secara Sunnatullah batu itu dengan gaya beratnya akan jatuh lurus karena gravitasi bumi di bawah kaki anda. (wallahu a’lam bissawab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda