Jumat, 20 Mei 2011

materi hafalan


Banyak materi yang bisa kita berikan kepada anak-anak usia ABG dalam kurikulum sebuah TPA atau TQA, pada usia mereka daya hafalnya cukup bagus,maka di antara pelajaran yang cukup tepat bagi mereka adalah menghafal, baik hafalan bacaan shalat maupun ayat-ayat pendek juga tak terkecuali doa-sehari-hari.

Masih teringat saat mengajar di TPA Bina Fitrah pusat di mana pengurus yayasan di samping mengadakan pengajian pada sore dan malam hari, juga diterapkan pengajian pada kelas remaja setelah Shalat Subuh, agak berat memang baik bagi para tenaga pengajar maupun para santri karena sebagian tenaga pengajar masih ada yang sekolah pagi, bahkan bekerja pagi, begitu pun para santri, untunglah pada saat itu belum diterapkan masuk sekolah jam 6.30.

Meskipun pesertanya hanya 40 % dari jumlah santri namun dilihat dari hasilnya cukup membuat puas para tenaga pengajar,. Dalam taklim subuh materi yang diberikan adalah terjemah lafdziah dan hafalan juz Amma, kalau tidak salah satu setengah tahun Juz Amma dapat ditamatkan walau hasilnya tidak merata bagi setiap santri karena kemampuan yang berbeda, namun secara umum lebih dari 70 % jus Amma dapat di hafal dgn baik,bahkan ditampilkan hasilnya pada orang tua santri dalam acara Imtihan (perpisahan sementara) menjelang bulan Ramadhan.

Waktu Subuh menurut sebuah pendapat yang didasarkan pada sebuah penelitian adalah waktu yang sangat baik untuk belajar karena masih kosongnya otak kita dari pengaruh pikiran yang bermacam-macam apalagi bagi seorang anak yang masih polos, maka !.. jangan sia-siakan waktu tersebut utk kita bina anak kita tentunya setelah selesai shalat Subuh tepat waktu, yang bila dimungkinkan dilakukan secara berjamaah,maka benarlah apa yang sering dikumandangkan Muadzin dalam Adzan Subuh..

Assalatu khairum minan naum.. (shalat lebih baik dari pada tidur)...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda